Akhirnya Isis Kalah Dengan Irak

Akhirnya Isis Kalah Dengan Irak – Tv pemerintah Irak menyampaikan bahwa perdana menteri negara itu udah tiba di Mosul. Kehadiran Haider al-Abadi utk memberitakan kemenangan atas ISIS di kota itu sehabis bertempur sepanjang delapan bln..

Kenakan seragam militer, pemimpin Irak itu kelihatan turun dari satu buah pesawat militer serta bersua dengan komandan pasukan keamanan senior. Langgeng maka menyampaikan selamat terhadap banyak pejuang serta warga yg beroleh kemenangan besar di Mosul.

PM Irak Haidel al-Abadi tiba di Mosul utk memberitakan kemenangan atas ISIS.

Menurut tv Irak, otoritas keamanan masihlah menguber beberapa agresif ISIS di wilayah-wilayah kota seperti dilansir dari Independent, Minggu (9/7/2017) .

Irak mengawali pertempuran merebut Mosul pada Oktober selanjutnya dengan support dari koalisi pimpinan Amerika Perkumpulan (AS) . ISIS merebut kota itu pada musim panas 2014. Pada 2017 diantara satu Mosul jadi diantara satu benteng paling akhir mereka. Group ekstrimis itu cuma kuasai kurang dari 1 km per sisi di kota tua Mosul.

Pertempuran Mosul udah meninggalkan sebagian besar kota paling besar ke dua Irak itu dalam reruntuhan. Peperangan juga udah membunuh beberapa ribu orang, termasuk juga pasukan keamanan Irak serta warga sipil, serta nyaris satu juta orang mengungsi. Setidaknya tujuh jurnalis juga terbunuh.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengasumsikan ongkos perbaikan waktu pendek bakal meraih seputar $ 700 juta.

(ian)