Batang Randu di Rembang Semburkan Air, Warga Juluki ‘Pohon Kencing’

Batang Randu di Rembang Semburkan Air, Warga Juluki ‘Pohon Kencing’ – Perhatian penduduk Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, mulai sejak tempo hari tersita oleh kenyataan unik, ialah pohon randu yang mendadak keluarkan air yang selamanya menyembur dari dalam batang pohonnya.

Pohon itu ada di RT 17 RW 8, persisnya di samping barat lapangan Desa Jolotundo. Air yang keluar dari batang pohon, berwujud semburan, hingga penduduk spontan menjulukinya pohon kencing.

Sudiyati, penduduk yang tempat tinggalnya pas di muka pohon itu menuturkan, pohon didapati pertama-tama keluarkan semburan air dalam hari Selasa (14/8/) malam. Waktu itu, ada anak yang tengah berjalan kaki melalui pohon itu.

Tapi mendadak anak itu menangis, serta lari ketakutan. Dikarenakan, disaat ia melalui pohon kapuk randu itu terasa seperti ada yang mengencinginya dari atas pohon.

” Dia kan nangis, senantiasa saya kaget. Spontan pikiran kita langsung ke arah hal gaib yang usil, ” tuturnya.

Selesai dicek gunakan lampu penerangan nyatanya ada semburan air yang kontinu dari batang pohon sisi atas. Senantiasa menyembur kendati kecil. ” Nyatanya memang batang pohonnya itu keluar airnya. Ya nyemprot begitu, kayanya sebesar jarum itu semprotannya, ” timpalnya.

Penduduk lantas berebutan menadahi pancuran air dari batang pohon itu. Juga ada yang ingin tahu untuk mengecap berasa.

” Berasa ya biasa saja, encer seperti air biasa. Berasa seperti buah randu ini, enak, ada sepet-sepet sedikit begitu. Warnanya merah kecoklatan, ” saya Sukarmin.