Harga Minyak Dunia Alami Penurunan

Harga Minyak Dunia Alami Penurunan – Harga minyak mentah pada Senin (27/3/2017) turun lantaran meningkatnya kesibukan pengeboran Amerika Perkumpulan. Tindakan ini mematahkan gagasan OPEC untuk selalu perpanjang pemotongan produksi sampai pertengahan 2017.

Mengutip dari Reuters, Senin ini, harga minyak mentah berjangka Brent International turun 7 sen jadi USD50, 73 per barel pada jam 01 : 45 GMT. Di Amerika Perkumpulan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) melemah 14 sen jadi USD47, 83 per barel.

Analis pasar senior di Oanda di Singapura, Jeffrey Halley menyampaikan turunnya harga minyak ini bikin OPEC terluka. Pasalnya, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) serta negara non-OPEC yakni Rusia sudah lakukan percakapan pekan akhir di Kuwait, untuk meneruskan pemotongan produksi untuk menyokong harga di pasar.

OPEC serta non-OPEC mengambil keputusan maju untuk perpanjang pemotongan produksi. Tetapi hal semacam ini disertai dengan meningkatnya kesibukan pengeboran serta produksi minyak di Amerika Perkumpulan.

Para pedagang menyampaikan keadaan ekonomi di AS bikin mereka kurangi posisi beli (impor) mulai sejak Desember tempo hari dengan menggenjot produksi.

Goldman Sachs mencatat rig minyak AS selalu melonjak mulai sejak 27 Mei 2016, di mana produsen sudah menaikkan 336 rig minyak dengan kata lain naik sampai 106%. Alhasil, produksi minyak AS diprediksikan naik 235. 000 barel /hari sampai paruh pertama 2017.

Data Pemerintah AS tunjukkan, mulai sejak medio 2016, produksi minyak AS sudah bertambah sebesar 700. 000 barel /hari atau 8, 3% ke 9, 13 juta barel /hari.