Namun Saya Juga 100 % Indonesia

Namun Saya Juga 100 % Indonesia – Manteri Daya serta Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menuturkan dia tidak sempat terasa minoritas walau ia adalah hanya satu menteri yang beragama Katolik dalam kabinet Presiden Joko Widodo.

” Saya 100 % Katolik. Namun saya juga 100 % Indonesia, ” kata Jonan dalam acara Konferensi Nasional Umat Katolik Indonesia di Kampus Katolik Atma Jaya, Jakarta, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Menurut Jonan, Indonesia merupakan bangsa yang beragam. Mulai sejak kecil, ia punya kebiasaan dengan toleransi. Dia punya adik kandung yang beragama Islam serta tidak sempat mempersoalkannya. ” Karena saya berbineka, toleransi saja tidak apa-apa. Saya miliki kepercayaan sendiri. Adik saya miliki sendiri, ” tutur Jonan.

Jonan bahkan juga menuturkan ia pasti akan memperlakukan anaknya lewat cara yang sama. Bekas Menteri Perhubungan ini juga akan membebaskan anaknya utk pilih agama sesuai sama keyakinan mereka sendiri.

” Saya besarkan anak saya dengan agama Katolik. Namun, bila dia telah besar miliki kepercayaan sendiri, ya tidak apa-apa. Saya fair, ” kata Jonan.

Menurut Jonan, kepercayaan itu tidak semestinya diperdebatkan. Bapak-bapak bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke sudah berbineka mulai sejak awal. ” Bila ingin bangsa ini tetaplah ada ya mesti berbineka, ” katanya.

Seirama dengan Menteri Ignasius Jonan, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menuturkan ketaksamaan suku, bangsa, serta agama itu tidak butuh dipermasalahkan. Sebab, menurutnya, mempersoalkan ketaksamaan cuma juga akan menyebabkan riak-riak kecil permusuhan jadi besar. ” Problem ini benar-benar perlu. Saya ingin negara ini besar. Semoga jiwanya juga besar, ” tutur Ryamizard.