Provokator Di Amankan Polisi

Provokator Di Amankan Polisi – Polda Jateng menangkap 3 orang berkaitan perusakan aset PT Rayon Paling utama Makmur (RUM), Sukoharjo pada Jumat (23/2). Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan ketiganya adalah provokator dalam tindakan itu.

” Provokatornya kini telah kita tangkap sejumlah 3 orang serta kita bawa ke Polda untuk kita laksanakan kontrol, ” kata Condro terhadap wartawan selesai ikuti acara penutupan pendidikan Brigadir Polisi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, tidak tutup peluang polisi masihlah juga akan mengamankan terduga provokator yang lain.

” Kelak kita tengok dari hasil kontrol, ” katanya.

Dia mengemukakan misalnya masalah itu segera dilakukan tindakan. Pada aktor perusakan itu dapat dibuktikan tidak mematuhi pasal 170 KUHP.

” Walau sebenarnya kita buka ruangan yang luas sekali pada negosiasi-negosiasi, mediasi- mediasi. Namun karna ada provokasi begini maka kita tangkap, 1 kita tangkap di Bekasi, jadi melarikan diri kesana kita tangkap disana, ” katanya.

Ketika perlakuan pengunjung rasa, pihaknya juga telah melakukan pengamanan dengan tidak bertindak represif terhadap banyak pengunjuk rasa.

Aksi itu berkaitan dengan terdapatnya pencemaran, lalu tuntutan pengunjuk rasa di kabupaten, di DPRD serta paling akhir di area tersebut ada yang memprovokasi maka berlangsung anarkis di situ. Namun ketika pengamanan unjuk rasa di Sukoharjo itu kita tidak melaksanakan tindakan-tindakan represif, ” ucapnya.

Seperti dikabarkan terlebih dulu, demo yang selesai kericuhan berlangsung di PT RUM, Sukoharjo pada Jumat (23/2). Massa yang geram karna bau busuk pabrik itu berlarut-larut pada akhirnya mengakibatkan kerusakan beberapa property pabrik, termasuk juga pos satpam. Aksi itu bubar sesudah koordinator lapangan, Bambang Wahyudi membawa lembaran kertas diisi pernyataan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya tutup operasi pabrik itu.